Solid Gold | Hanoi – Seorang ibu asal Vietnam mendapat kejutan yg tak pernah ia bayangkan sebelumnya.

Pasca-melahirkan, ia tak menyangka bahwa anak yg ia lahirkan memiliki bobot yg tak biasa, yaitu 7,1 kilogram & dianggap sbg salah satu bayi terberat yg pernah dilaporkan lahir di negara tsb.

Dikutip dari laman AsiaOne, Selasa (17/10/2017), kelahiran bayi ‘raksasa’ ini membuat wajah kedua orangtuanya berseri-seri. Peristiwa ini terjadi di sebuah provinsi bernama Vin Phuc Utara.

“Ketika dokter mengatakan anak saya memiliki bobot sekitar 7,1 kilogram, tentu semua tak dapat mempercayainya,” ujar Tran Van Quan ayah dari bayi tsb.

Saat menjalani proses pemeriksaan kandungan, dokter sdh mengatakan bahwa bayi yg dikandung oleh Nguyen Kim Lien akan terlahir dalam ukuran yg cukup besar.

Dokter menyebut, beratnya bisa mencapai 5 kg. Namun, semua tak menyangka kalau beratnya melebihi prediksi awal.

“Saat kami pergi berkemas untuk pulang, berat bayi kami bertambah menjadi 7,2 kg. Saya kira hal ini disebabkan oleh pakaian yg digunakan oleh bayi kami,” ujar Quan.

Sang ayah mengatakan, bayi yg baru saja dilahirkan oleh istrinya bernama Tran Tien Quoc. Ia pun memastikan anak & istrinya dalam keadaan sehat.

Tran Tien tak hny menjadi satu-satunya bayi ‘raksasa’ yg lahir di Vietnam. Pada tahun 2008, negara tsb sempat dihebohkan dgn kelahiran bayi dgn bobot 7 kg di provinsi Gia Lai.

Sementara itu, bayi terberat yg pernah dicatat oleh Guinness World Records terjadi pada tahun 1955 di Aversa Italia dgn berat 10,2 kg.

Lahirkan Bayi ‘Raksasa’ Hanya dalam Waktu 15 Menit

Kelahiran bayi ‘raksasa’ juga pernah terjadi di India tahun 2015. Seorang ibu di India melahirkan bayi terbesar di negaranya. Bobot buah hatinya itu hampir dua kali ukuran normal yakni 14,77 pon atau sekitar 6 kg.

Firdous Khatun, menyambut anak kesembilannya di Raja Ram Hospital Kalawati di Orai, Uttar Pradesh pada 5 November 2015 malam waktu setempat.

Petugas medis yg membantu persalinan Khatun terkejut bukan main, krna kelahiran bayi jumbo itu terbilang lancar. Dengan proses normal & hny memakan waktu singkat yakni sekitar 15 menit.

Para dokter di rumah sakit itu mengkonfirmasi bahwa bayi itu yg terbesar yg pernah ada.

“Dia adalah bayi ajaib. Selama 21 tahun aku bertugas, blm pernah aku melihat bayi sebesar itu,” ucap Dr Anjana Gupta yg membantu persalinan Khatun spt dikutip dari Daily Mail.

“Kami tak percaya bagaimana bayi sebesar itu bisa keluar dgn lancar dari rahim sang ibu. Meski bahunya sempat terjebak selama beberapa detik, dalam waktu 3 menit ia sdh berada di tanganku. Dia begitu besar, tdk pas di tangan. Dia bayi yg cantik,” imbuh Dr Anjana.

Petugas medis mengungkapkan, meskipun si jabang bayi sempat mengalami masalah pernapasan pada awal, ia & ibunya kini baik-baik saja.

Wanita 36 tahun yg memiliki bobot 77,5 kg itu baru kali ini melahirkan di rumah sakit. Kedelapan anaknya lahir di rumah, semuanya memiliki berat normal.

Kelahiran bayi terbesar di India ini terbilang aneh, sebab sang ibu tdk memiliki riwayat diabetes. Umumnya orok yg terlahir obesitas akibat masalah tsb.

“Kami tdk tahu mengapa bayi yg begitu besar itu terlahir sehat, semuanya baik-baik saja,” beber Dr Gupta.

Bayi jumbo itu akhirnya dirujuk ke RS Vatsalya & dirawat di Unit Perawatan Anak. Dokter di rumah sakit sedang memantau perkembangannya selama lima hari.

 

(Zmrn – Solid Gold)