Solid Gold | JAKARTA – Bagi Anda yang masih bingung dan belum menentukan tempat liburan akhir tahun, ada 7 tempat wisata yang dapat menjadi referensi.

Seperti dikutip Skyscanner, 7 tempat ini diperkirakan akan menjadi tren di 2018. Nah, sebelum lebih populer, Anda bisa lebih dulu menapakinya. Pasalnya, tempat ini memiliki keindahan yang memanjakan mata dan menyenangkan hati. Apa saja?

1. Pacitan, Jawa Timur
Pacitan awalnya dikenal sebagai Kota 1000 Goa karena memiliki banyak objek wisata goa. Akhir-akhir ini, keindahan pantai di Pacitan juga ikut populer, bahkan dikalangan wisatawan mancanegara. Beberapa pantai terbaik di Pacitan yang memberi daya tarik pesonanya, antara lain Pantai Watukarung, Pantai Klayar, Pantai Karang Bolong, Pantai Banyu Tibo, dan Pantai Kijingan. Karena letaknya yang berada di Tenggara, Pacitan lebih mudah jika diakses dari Yogyakarta dengan menempuh perjalanan sekitar 3 jam.

2. Riung, Flores
Letaknya yang agak keluar dari jalur atau Jalan Trans Flores, membuat destinasi ini tak banyak didatangi pengunjung lokal. Padahal sudah banyak wisatawan mancanegara yang datang ke sini karena keindahannya.

Salah satu objek wisata yang menarik di Riung adalah Taman Wisata Alam Riung 17 Pulau yang merupakan tempat paling tepat bagi Anda yang ingin mencari pantai dan alam bawah laut yang cantik alami serta relatif sepi, terutama dibandingkan dengan Taman Nasional Komodo. Bandara terdekat terletak di Ende, sekitar 3-4 jam perjalanan.

3. Sabang, Aceh
Sail Sabang yang rutin digelar setiap tahun ternyata mampu mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan ke kota yang berada di ujung barat Indonesia ini. Selain terbang langsung ke Sabang, mengunjungi tempat ini bisa melalui Banda Aceh dan menyeberang dengan kapal feri atau speedboat.

Beberapa objek wisata yang harus dikunjungi adalah Pantai Sumurtiga, Pantai Anoi Itam, Pantai Iboih, Pulau Rubiah, dan Monumen Tugu Nol Kilometer Indonesia.

4. Pesawaran, Lampung
Provinsi ini mulai berbenah sehingga mampu meningkatkan kunjungan wisatawan dengan pesat. Salah satu kabupaten yang cukup terkenal adalah Pesawaran, di mana terdapat Pulau Pahawang Besar, Pulau Pahawang Kecil, Pulau Kelagian Besar, dan Pulau Kelagian Kecil yang merupakan objek wisata andalannya.

5. Lombok Tengah, NTB
Sejak memenangkan penghargaan 3 kategori di ajang World Halal Tourism Awards (WHTA) 2016, kunjungan wisatawan ke Lombok semakin meningkat, terutama ke Lombok Tengah yang terkenal dengan pantai yang cantik. Wilayahnya yang luas membentang dari bagian barat hingga ke timur sebelah selatan pulau membuat kabupaten ini tidak akan puas Anda jelajahi dalam waktu seminggu.

6. Banyuwangi, Jawa Timur
Secara perlahan tapi pasti, Banyuwangi mulai menarik perhatian para wisatawan lokal maupun mancanegara. Hal ini pun didukung dengan semakin banyaknnya maskapai yang membuka rute penerbangan langsung dari Jakarta dan Surabaya.

Pulau Merah dan pantainya, Teluk Hijau (Green Bay), Pantai Plengkung di Taman Nasional Alas Purwo, serta keunikan api biru di Kawah Ijen merupakan beberapa destinasi utama di Banyuwangi.

7. Nusa Penida, Bali
Pada 2017, nama pulau besar yang terletak di sebelah timur Bali dan masuk ke dalam wilayah Kabupaten Klungkung ini kian populer, terutama bagi penggemar pantai cantik yang masih relatif sepi. Pasih Uug (Broken Beach), Angel’s Billabong, dan Pantai Kelingking merupakan tiga destinasi utama Nusa Peninda, Bali.

Solid Gold Berjangka
PT Solid Gold Berjangka