Solid Gold | Legenda Koes Plus, almarhum Yon Koeswoyo, meninggal dunia yang disebabkan komplikasi penyakit diabetes. Almarhum sudah mulai melakukan cuci darah sejak 2016 lalu. Namun, setelah berjuang, Yon akhirnya meninggal di usia 77 tahun, Jumat (5/1/2018).

Lantas, apa dan bagaimana Diabetes itu? Berikut beberapa hal yang berkaitan dengan prnyakit itu, dilansir dari National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK).

Diabetes adalah penyakit yang terjadi saat glukosa darah, yang juga disebut gula darah, terlalu tinggi. Glukosa darah sendiri adalah sumber energi utama dan berasal dari makanan yang Anda makan.

Insulin, hormon yang dibuat Pankreas, membantu glukosa dari makanan yang masuk ke sel Anda untuk digunakan sebagai energi. Terkadang tubuh Anda tidak mencukupi atau tidak menggunakan insulin dengan baik. Glukosa kemudian tinggal di dalam darah Anda dan tidak sampai ke sel Anda.

Seiring waktu, memiliki terlalu banyak glukosa dalam darah, dapat menyebabkan masalah kesehatan. Hingga saat ini, dikenal ada beberapa jenis diabetes yang paling umum yakni tipe 1, tipe 2, dan gestational diabetes.

Ketika Anda memiliki diabetes tipe 1, tubuh Anda tidak membuat insulin. Sistem kekebalan tubuh Anda menyerang dan menghancurkan sel-sel di Pankreas, yang membuat insulin. Diabetes tipe ini, biasanya didiagnosis pada anak-anak dan remaja.

Untuk diabetes tipe 2, tubuh Anda tidak membuat atau menggunakan insulin dengan baik. Diabetes jenis ini lebih umum menyerang orang-orang dengan usia paruh baya. Tipe 2 adalah jenis diabetes yang paling umum terjadi.

Terakhir, Gestational diabetes. Tipe ini lebih umum dialami oleh perempuan yang sedang hamil. Namun, sebagian besar kasus ditemukan diabetes tipe ini akan hilang setelah bayi lahir. Kendati begitu, jika Anda memiliki diabetes gestasional, Anda berpeluang besar mengalami diabetes tipe 2 di kemudian hari.

Di luar 3 tipe itu, sebenarnya masih ada jenis diabetes lainnya. Namun, dalam perjalanannya, 3 tipe diabetes itu memang yang paling umum ditenukan. Diabetes di luar 3 tipe itu yakni diabetes monogonik, yang merupakan bentuk diabetes warisan, dan diabetes terkait kistik fibrosis.

Di Amerika Serikat, pada 2015, ditemukan ada sekira 30,3 juta orang yang didiagnosis mengalami diabetes. 1 dari 4 orang di antaranya bahkan tidak tahu mereka terkena penyakit ini. Diabetes mempengaruhi 1 dari 4 orang berusia di atas 65 tahun.

Dalam perjalanannya, tidak jarang orang yang menderita diabetes akan mengalami beberapa masalah. Penyakit jantung, ginjal, masalah pada mata, gigi, kerusakan sarap adalah beberapa hal yang sering dialami oleh mereka yang menderita penyakit ini.

Solid Gold Berjangka
PT Solid Gold Berjangka