Tidur  - Pt Solid Gold Berjanga.jpg

PT Solid Gold Berjangka – Jika kamu pernah mendengar ungkapan ‘tidur membuat otak awet muda & sehat’, kamu tidak salah mendengarnya. Tidur merupakan salah satu cara alami yg dapat menyehatkan otak & membuatnya tetap awet muda & bugar.

Kurang tidur bisa membuatmu sulit mengingat seiring bertambah usia. Selain tidur, ada beberapa cara lainnya utk membantu menyehatkan otak & mencegahmu berisiko terkena penyakit degeneratif otak.

1. Makanan

Banyak yg menyebutkan bahwa pola makan yg baik & sehat adalah kunci dari otak yg tetap muda & sehat. Para ahli menyarankan utk mengonsumsi makanan yg kaya akan antioksi&, seperti apel, pisang, sayuran berdaun hijau, bawang putih, & wortel.

Antioksidan merupakan molekul yg mudah terikat & menetralkan elektron dalam tubuh yakni radikal bebas yg bisa berada dalam aliran darah. Radikal bebas apabila menumpuk dalam tubuh seiring bertambahnya usia, bisa membunuh sel-sel otak.

Otak juga terbuat dari lemak sehat, terutama asam lemak omega-3. Agar otak bisa berfungsi optimal & dapat memperbaiki sendiri, maka mengonsumsi makanan kaya omega-3 sangat tepat, misal dalam ikan & kacang. Cokelat juga bisa membantu meningkatkan memori & kognitif otak karena mengandung flavanol, salah satu antioksidan.

2. Mengunyah permen karet

Belum ada yg mengerti apa alasan di baliknya, namun banyak riset yg menyebutkan bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan kemampuan mengingat. Salah satunya studi yg dilakukan di Inggris yg menemukan bahwa mereka yg suka mengunyah permen karet memiliki performa yg baik dalam tes baik memori jangka panjang maupun pendek ketimbang yg tidak.

Ada beberapa teori yg dikemukakan para pakar. Bisa jadi mengunyah permen karet bisa memperbaiki sirkulasi dgn meningkatkan denyut jantung atau berdampak pada area otak yg bernama hippocampus yg menyebabkan tubuh melepaskan insulin utk mempersiapkan makanan.

Read more : PT SOLID GOLD BERJANGKA | CADANGKAN DATA SMARTPHONE ANDA SEBELUM RESET PABRIK
3. Permainan

Untuk menjaga kesehatan otak, ajaklah otak ‘berolahraga’ dgn berbagai macam permainan. Berpikir keras bisa mengasah memori & kognitif otak, & buktinya cukup banyak.

Permainan otak telah banyak dikembangkan belakangan ini. Beberapa bisa kamu mainkan di ponsel, dgn kemasan lebih menarik & tentu menantang, ada juga dalam bentuk buku seperti Sudoku maupun teka-teki silang. ‘Memaksa’ otak utk terus berpikir sehat akan membuatnya bugar.

4. Tidur

Tidur merupakan salah satu cara menyehatkan otak. Saat kita tidur, otak tak ikut tertidur namun justru mengulang ingatan pada hari tersebut & ‘menyimpannya’ di ‘gudang’ ingatan jangka panjang.

Dalam percobaan menggunakan tikus, saat tikus tidur dua area otak yakni hippocampus & medial prefrontal cortex, area yg terkait dgn penerimaan memori dari masa lalu. Proses ini dibutuhkan utk mengosongkan memori utk memberi tempat bagi memori baru. Sehingga, melewati waktu tidur bisa mengacaukan ingatan & bahkan membuat kita kesulitan mengingat.

Solid Gold

5. Olahraga

Tak cuma otak yg diajak olahraga utk membuatnya tetap sehat, namun juga berolahraga menyehatkan fisik kita. Riset menyebutkan bahwa pusat memori di otak bernama hippocampus akan menyusut seiring kita bertambah usia, namun sebuah studi menyebutkan olahraga dapat mencegah hal tersebut terjadi.

Misalnya melakukan olahraga aerobik, seperti berlari & bersepeda, atau berenang. Para ahli percaya bahwa olahraga menginduksi produksi faktor-faktor pertumbuhan dalam otak. Mereka juga merupakan hasil dari aliran darah yg lebih baik ke otak, sehingga dapat menghantarkan oksigen & nutrisi yg lebih banyak.

(WDRT – Solid Gold Berjangka)